Senin, 30 Januari 2017

IPA : Pesawat Sederhana (Penggolongan Tuas)


Pernahkah anak-anak memperhatikan sepeda yang biasa dipakai untuk bersepeda?. Coba uraikan satu persatu terdiri dari apa sajakah komponen/ bagian sepeda itu? Ada sadel, pedal, rem, roda berporos, sekrup, ruji, lampu dan lain-lain. Ternyata sepeda yang biasa kita naiki mempunyai komponen penyusun yang disebut Pesawat Sederhana.
  
Apakah Pesawat sederhana itu?.... Pesawat sederhana adalah semua alat yang memudahkan pekerjaan manusia. Pesawat sederhana dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain :
  1. Tuas/ Pengungkit
  2. Bidang Miring
  3. Katrol
  4. Roda berporos
  5. Baji
Yang pertama kita bicarakan adalah Tuas. Seperti apakah tuas itu, mari kita perhatikan materi berikut !

1. TUAS/ PENGUNGKIT

Tuas (lever,dalam Bahasa Inggris) atau pengungkit adalah salah satu pesawat sederhana yang digunakan untuk mengubah efek atau hasil dari suatu gaya. Hal ini dimungkinkan terjadi dengan adanya sebuah batang ungkit dengan titik tumpu (fulcrum), titik gaya (force), dan titik beban (load) yang divariasikan letaknya

Tuas terdiri atas sebuah batang yang berputar pada sebuah titik tetap yang disebut titik tumpu. Contoh tuas yang paling sederhana adalah sebuah tongkat.

Tuas/ pengungkit dibedakan menjadi 3 golongan/ jenis antara lain :
1. Tuas jenis 1
2. Tuas jenis 2
3. Tuas jenis 3
Ketiga jenis tuas/ pengungkit tersebut mempunyai ciri masing-masing. 

1.1. Tuas/ Pengungkit jenis 1

Apabila kita akan mencabut paku, akan mudah dilakukan jika kita menggunakaan suatu alat daripada memakai tangan kosong.Untuk itu diperlukan suatu alat yang disebut palu pencabut paku atau Kakak tua. 

Tuas jenis pertama memiliki ciri-ciri titik tumpu berada di tengah. Misalnya titik tumpu berada di antara beban dan kuasa atau titik tumpu berada di antara kuasa dan beban. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar.
Contoh tuas atau pengungkit jenis pertama adalah gunting, linggis, palu pencabut paku, tang, dan mainan jungkat-jungkit

1.2 Tuas/ Pengungkit jenis 2

Tuas jenis ke- 2 mempunyai ciri titik beban berada di tengah. Jadi beban terletak di antara titik tumpu dan kuasa atau beban terletak di antara kuasa dan titik tumpu.

Perhatikan gambar gerobak dorong rodaa satu di samping. Pasir yang ada diatas gerobak tersebut merupakan titik beban, sementara titik kuasa terletak pada lokasi tangan pendorong dan titik tumpu terdapat pada ban yang terdapat di bawah gerobak

Contoh tuas jenis kedua dalam kehidupan sehari-hari adalah gerobak dorong, alat pembuka tutup botol minuman, alat pemecah kemiri, alat pengambil gorengan.

1.3. Tuas/ pengungkit jenis 3

Pada tuas/ pengungkit jenis 3 titik kuasa terletak diantara titik beban dan titik tumpu.

Pada penggunaan sekop disamping, maka yang melakukan gaya (kuasa) posisi terletak di tengah, sementara beban terdapat diujung dan titik tumpu terletak pada ujung satunya atau atas.

Contoh tuas jenis ketiga adalah orang yang sedang mengangkat barbel, orang yang sedang menyapu, orang yang sedang memancing, orang yang sedang menggunakan sekop, orang yang sedang mencangku


Video Penggolongan Tuas

4 komentar:

  1. Tentu anak-anak serimg menggunakan pesawat sederhana (tuas)dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan nama sebuah tuas yang biasa anak-anak gunakan, dan sebutkan manfaat serta jenis tuas keberapa !

    BalasHapus
  2. Jungkat jungkit yg disebut pengungkit atau tuas. Manfaatnya anak anak bisa bermain dengan riang,dan banyak ditemui di taman kanak-kanak/taman bermain . Tuas ini termasuk jenis ke-1.😊😊

    BalasHapus
  3. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    BalasHapus