Selasa, 07 Februari 2017

Cerita Anak

Cerita anak adalah karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, kejadian dan sebagainya yang ditujukan untuk anak yang ceritanya sederhana namun kompleks dan komunikatif serta mengandung nilai moral bagi anak dan pantas dikonsumsi oleh anak-anak.
Jenis-jenis cerita anak :
1. Cerita Jenaka
Cerita jenaka merupakan cerita yang mengungkapkan hal ihwal atau tingkah laku seorang tokoh yang lucu. Kebodohan yang diungkapkan dapat berupa karena kebodohan sang tokoh dapat pula karena kecerdikannya.
Cerita yang di sebabkan karena kebodohan sang tokoh misalnya: cerita “Pak Belalang”, “Pak kodok”, dan cerita-cerita sejenisnya.
Kelucuan yang disebabkan karena kecerdikan sang tokoh misalnya : cerita “Abu Nawas”, “Nassaruddin”, “Kabayan”.
2. Dongeng 

Dongeng adalah cerita yang didasari atas angan-angan atau hayalan. Di dalam doneng terkandung cerita yang menggambarkan sesuatu diluar dunianyata, seperti bebek bertelur emas, peri yang baiak hati,dan sebagainya. Kisah-kisah seperti ini dapat ditemukan pada cerita “ Ketimun Emas “,” Tongkat Ajaib “, “ Cinderela “, “ Dewi Sri “ yang di kisahkan sang Dewi menolak di peristri oleh Batara Guru. Dewi Sri meninggal ketika dimakamkan dari jenazahnya tumbuh pohon padi, dari kepala tumbuh pohon kelapa dan dari giginya tumbuh pohon jagung.
           3. Fabel 

Fabel adalah cerita yang menampilkan hewan-hewan sebagai tokoh-tokohnya. Didalam fabel, para hewan atau binatang digambarkan sebagaimana layaknya manusia yang dapat berpikir, bereaksi, dan berbicara. Fabel mengandung unsur mendidik karena diakhiri dengan sebuah kesimpulan yang mengandung ajaran moral.
Contoh fabel yaitu : “Kancil dan Buaya”,” sikancil dengan kura-kura”, dia memiliki akal yang cerdik yang dapat mengelabui kura-kura
           4. Legenda
Legenda adalah cerita yang berasal dari zaman dahulu. Cerita legenda bertalian dengan sejarah yang sesuai dengan kenyataan yang ada pada alam atau cerita tentang terjadinya suatu negeri, danau atau gunung.
legenda adalah cerita asal-usul suatu tempat dengan ditandainya tokoh makhluk superior. Jadi, legenda artinya suatu cerita yang dianggap benar oleh masyarakat,
kebenaran itu dianggap sebagai kebenaran dari segi sejarah atau kepercayaan semata-mata.
Contoh cerita “Malin Kundang”, “Batu Menangis”, “Sangkuriang”, “Asal Usul Kota Surabaya”, “Wali Songo” (legenda keagamaan). Mereka adalah manusia biasa, tokoh yang memang benar-benar ada, akan tetapi dalam uraian ceritanya ditampilkan sebagai figur-figur yang memilik kesaktian. Kesaktian yang mereka miliki digambarkan diluar batas-batas manusia biasa.
           5. Mite Atau Mitos
Mite atau mitos merupakan cerita yang berkaitan dengan kepercayaan kuno, menyangkut kehidupan dewa-dewa atau kehidupan makhluk halus.
Mitos adalah cerita yang mengandung unsur-unsur misteri, dunia ghaib dan alam dewa. Tokoh-tokoh mitos mengandung kekuatan yang hebat dan memiliki kekuatan ghaib. Tokoh-tokoh ini bukan saja terdiri atas manusia, tetapi juga dewa-dewa dan makhluk ghaib, seperti cerita “Nyi Roro Kidul”.
Mite adalah cerita prosa rakyat yang dianggap benar-benar terjadi serta dianggap suci oleh empunya cerita. Mite tokohnya para dewa. Peristiwa terjadi didunia lain, atau di dunia yang bukan seperti kita kenal sekarang, dan terjadi di masa lampau. Karena itu, dalam mite sering ada tokoh pujaan yang dipuji dan atau sebaliknya, ditakuti.
Contohnya: cerita terjadinya mado-mado atau marga di Nias (Sumatra Utara), cerita barong di bali, dan lain-lain.

 Video Cerita Anak




Soal-soal Cerita Anak


1 komentar:

  1. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    BalasHapus